Rabu, 04 Oktober 2017

Bagaimanapun Juga Sampah Harus Dimusnahkan Dengan Cara Yang Tepat dan Efisien

Beginilah yang terjadi apabila sampah ditangani dengan tidak efisien. Belum lagi tempat-tempat lain seperti sawah dan sekitar pemukiman yang terdampak akibat sampah yang menumpuk.
Bagaimana mengatasi masalah sampah yang tepat ? pertanyaan itu seringkali terlintas dalam benak kita manakala melihat tumpukan sampah yang menggunung di jalan, di tengah perkampungan atau pusat-pusat keramaian. Seabreg himbauan yang banyak tertulis di beberapa fasilitas umum, seperti "Jagalah Kebersihan" hampir tidak ada artinya. Yang menjadi masalah disini adalah, ajakan untuk menjaga kebersihan sifatnya hanya wacana belaka, namun tidak dibarengi dengan solusi nyata bagaimana mengatasi masalah sampah yang sebenarnya.

 Sebelum berbicara lebih jauh soal mengatasi sampah, yang perlu diperhatikan disini adalah definisi sampah itu sendiri. Jadi, untuk mengatasi masalah sampah, kita lebih fokus pada apa yang dinamakan sampah, yakni barang terbuang yang sudah tidak bisa didaur ulang atau dimanfaatkan kembali. Artinya, sampah adalah tumpukan kotoran yang harus dimusnahkan sama sekali, yang apabila ditimbun atau tertimbun malah mengganggu lingkungan dan kesehatan.

Pada banyak kasus soal sampah, masyarakat hampir tak mengindahkan ajakan untuk turut menjaga kebersihan, bahkan aturan dengan kosekuensi hukum sekalipun. Kenapa bisa demikian ? Tentu saja, karena tak ada fasilitas yang mendukung untuk semua itu. Akhirnya, membuang sampah secara sembarangan menjadi budaya yang tak dapat dihindari. Sungai-sungai menjadi tempat yang praktis untuk membuang sampah, padahal banyak cara dan peralatan canggih yang tidak murah  digunakan menangani permasalahan ini. Namun kenyataanya permasalahannya sampah tetap menjadi persoalan yang tak kunjung tuntas.


Akibat permasalahan yang dibiarkan berlarut-larut, sampah akhirnya berdampak pada kehidupan manusia di sekitarnya. Salah satunya adalah pada air bersih, yang dimanfaatkan untuk kehidupan masyarakat atau pertanian. Satu-satunya mengatasi masalah sampah yang paling tepat adalah dengan cara dimusnahkan. Tentu saja, pemusnahan ini hanya fokus pada apa yang dinamakan sampah, bukan rongsokan atau lainnya.

Dengan penanangan yang lebih terkonsep masalah sampah bisa diatasi dengan lebih efisien dan tepat sasaran. Kami menawarkan sebuah cara untuk memusnahkan sampah secara tepat dan efisien, melalui sebuah alat yang dinamakan tungku Salikun. Dengan penggunaan tungku Salikun, harapan kami masalah sampah bisa teratasi dengan cara yang tepat, efisien dan terjangkau.

4 komentar:

  1. Assalamualaikum wr wb. perkenalkan nama saya irfandi dari kabupaten ciamis jawa barat. Saya ingin mengetahui lebih lanjut mengenai tungku yang bapak buat ini. Adakah kontak lain selain nomor telefon yang bisa dihubungi seperti email kareana ada beberpa hal yang cukup panjang bila saya paparkan di telefon pak. Terima kasih

    BalasHapus
  2. Pak Sholikun yg saya hormati.. saya ingin belajar ttg pemusnah sampah.. bisa dihubungi lwt telpon pak? Tlg dikirim nmr telp ke HP saya ya... 085727116380...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hp.saya sebageimana terpampang di atas : 081330709558

      Hapus